logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Arga Makmur

Jl. Jenderal Sudirman No. 226 Arga Makmur, Kab. Bengkulu Utara, Prov. Bengkulu

ELMARI

eRaTeRang

JDIH Pengadilan Negeri Arga Makmur

KomDaNas

PTSP Virtual

SiKep

SiMARI

SIPP Pengadilan

SiWas

Juz 14, Tadarus Perdana di Tahun 2023

Juz 14, Tadarus Perdana di Tahun 2023

Arga Makmur, PN Arma – Hari ini (04/01/2023) sekira pukul 08.25 WIB bertempat di Mushola Al Muhammadi Komplek Perkantoran Pengadilan Negeri Arga Makmur, Hakim dan Aparatur kembali mengadakan tadarus yang kali ini sampai pada Juz 14 yang terdiri dari Surat Al Hijr ayat 2-99 dan Surat An Nahl ayat 1-128.

Baik Surat Al Hijr maupun Surat An Nahl sama-sama merupakan Surat Makkiyah berjumlah 227 ayat dan diturunkan di Kota Makkah Al Mukarramah. Surat Al Hijr diambil dari nama sebuah daerah dataran tinggi yang didiami oleh kaum Tsamud yang hidup makmur dan sejahtera akhirnya dibinasakan oleh Allah SWT dengan guncangan gempa yang dahsyat karena tidak mengindahkan ajakan Nabi Shaleh untuk taat kepada Allah. Surat Al Hijr ini mengirimkan pesan kepada umat manusia yang ingkar atas ajaran Rasul-rasul-Nya akan mengalami kebinasaan.

Selanjutnya Surat An Nahl berarti lebah. Seperti kita ketahui bahwa lebah menghasilkan madu yang bermanfaat untuk banyak orang sebagai obat dan meningkatkan stamina. Sama seperti lebah, Al-Quran juga merupakan obat bagi umat manusia. Obat dari berbagai persoalan hidup, menenangkan jiwa, dan memantapkan stamina keimanan umat manusia yang mengamalkannya.

Dalam Al-Quran, selain Allah menceritakan kisah umat manusia yang dibinasakan karena keingkaran mereka untuk taat kepada-Nya, Al-Quran juga berfungsi sebagai Al Huda artinya sebagai petunjuk bagi umat manusia.  Mudah-mudahan Hakim dan Aparatur Pengadilan Negeri Arga Makmur dapat menjadikan Al-Quran sebagai petunjuk hidup sehari-hari sekaligus petunjuk dalam upaya menjalankan fungsi peradilan yang agung. (aliwardana)




«