logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Arga Makmur

Jl. Jenderal Sudirman No. 226 Arga Makmur, Kab. Bengkulu Utara, Prov. Bengkulu

ELMARI

eRaTeRang

JDIH Pengadilan Negeri Arga Makmur

KomDaNas

PTSP Virtual

SiKep

SiMARI

SIPP Pengadilan

SiWas

Berita Mahkamah Agung

Berita Mahkamah Agung
  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Ketua Mahkamah Agung Meminta 482 Calon Hakim Untuk Jangan Coba-coba Jadi Hakim

      bogor-humas: Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin S.h., M.h. Membuka Secara Resmi Pendidikan Dan Pelatihan (diklat) 1 Program Pendidikan Calon Hakim (ppch) Gelombang 2 Pada Rabu, 17 April 2024 Di Kampus Mahkamah Agung, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan Ini Diikuti Oleh 482 Calon Hakim Yang Terdiri Atas 324 Peserta Dari Peradilan Umum, 123 Peserta Dari Peradilan Agama, Dan 35 Peserta Dari Perdailan Tata Usaha Negara.

      dalam Kesempatan Tersebut, Ketua Mahkamah Agung Didampingi Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Ketua Kamar Pembinaan, Ketua Kamar Pengawasan, Ketua Kamar Perdata, Ketua Kamar Tata Usaha Negara, Ketua Kamar Agama, Ketua Kamar Pidana, Ketua Kamar Militer, Serta Para Pejabat Eselon Satu Dan Dua Pada Mahkamah Agung. Terkait Hal Tersebut, Syarifuddin Menyatakan Kehadiran Para Pimpinan Mahkamah Agung Untuk Memberikan Dukungan Dan Motivasi Kepada Semua Peserta Yang Akan Mengikuti Pelatihan Hingga Enam Minggu Ke Depan.

      kenapa Kami Hadir Lengkap? Karena Kami Yakin Anda-anda Semua Pada Saatnya Nanti Akan Menggantikan Posisi Kami Di Sini, Kata Syarifuddin Yang Disambut Tepuk Tangan Para Peserta.

      mengawali Pidatonya Ketua Mahkamah Agung Menyampaikan Selamat Kepada Semua Perserta Karena Sudah Sampai Pada Tahap Ini Setelah Sebelumnya Melewati Beragam Ujian Dan Bersaing Dengan Ribuan Pendaftar Lainnya. Baginya, Ini Merupakan Titik Awal Dari Proses Penempaan Diri Selaku Seorang Penegak Keadilan.

      menurutnya Hakim Adalah Figur Sentral Dalam Proses Penegakan Hukum. Hitam Putihnya Hukum Di Negeri Ini, Salah Satunya Ditentukan Oleh Ketukan Palu Hakim.

      untuk Menjadi Seorang Hakim Harus Didasarkan Pada Panggilan Nurani, Harus Lahir Dari Niat Yang Murni Untuk Menegakkan Keadilan Di Muka Bumi. Tentunya, Setiap Pilihan Pasti Ada Konsekuensinya, Termasuk Menjadi Hakim, Untuk Itu Ia Berpesan, Profesi Ini Harus Dijalani Dengan Serius, Tidak Main-main, Tidak Coba-coba.

      ketika Saudara Telah Memutuskan Untuk Menjadi Seorang Hakim, Saudara Harus Meyakini Bahwa Profesi Ini Adalah Pilihan Saudara, Sekaligus Jalan Yang Telah Dipilihkan Tuhan Untuk Saudara. Karena Itu Tidak Ada Istilah Saya Hanya Coba-coba, Saya Kebetulan Lulus, Dan Lain Sebagainya, Tegasnya.

      ia Meminta Mulai Dari Sekarang Para Calon Hakim Harus Memantapkan Dalam Hati Sanubari Masing-masing Akan Menjadi Hakim Yang Cerdas Berintegritas, Jujur Dan Bersih, Serta Tidak Akan Mengkhianati Kepercayaan Yang Telah Diamanahkan Tuhan Kepada Mereka. 482 Orang Tersebut Telah Terpilih Untuk Mengemban Amanah Mulia, Namun Tidak Ringan Dan Penuh Tantangan.

      kelak, Ketika Saudara Diangkat Menjadi Hakim, Saudara Harus Betul-betul Menjadi Hakim Yang Profesional Dan Berintegritas, Katanya.

      profesionalitas Dan Integritas Adalah Dua Hal Mutlak Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Hakim, Tanpa Bisa Di Tawar-tawar, Karena Integritas Tanpa Profesionalitas Adalah Kerapuhan, Sedangkan Profesionalitas Tanpa Integritas Akan Menjadi Sumber Terjadinya Malapetaka.

      profesionalitas Bisa Dibangun Dengan Pengetahuan Yang Diperoleh Dari Belajar Dan Membaca, Sedangkan Integritas Harus Diinsyafi Dan Ditekadkan Dalam Hati, Kemudian Dilakukan Dalam Setiap Tindakan Dan Perbuatan. Menjalankan Tanggung Jawab Sebagai Seorang Hakim Tidak Cukup Hanya Berbekal Ilmu Pengetahuan Yang Tinggi, Melainkan Dibutuhkan Adanya Integritas Dan Kepekaan Hati Nurani. Untuk Itu, Seorang Hakim Harus Selalu Menjaga Agar Hati Nuraninya Tetap Bersih Dengan Senantiasa Mendekatkan Diri Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

      guru Besar Universitas Diponegoro Itu Berharap Para Peserta Calon Hakim Tersebut Menjadi Orang-orang Yang Mampu Menjalankan Tugas Dan Tanggung Jawab Sebagai Hakim Yang Profesional Dan Memiliki Integritas Yang Tinggi.

      pada Kesempatan Yang Sama, Kepala Badan Strategi Kebijakan Dan Pendidikan Dan Pelatihan Hukum Dan Peradilan Mahkamah Agunghery Mulyono, S.h., M.h. Mengatakan Melalui Diklat Ini, Para Peserta Akan Mendapatkan Berbagai Pengetahuan Dan Keterampilan Sebagai Bekal Untuk Menjadi Seorang Hakim. Selain Itu, Para Peserta Juga Akan Diberikan Pendidikan Tentang Perilaku, Moral, Etika, Dan Kedisiplinan, Karena Untuk Menjadi Seorang Hakim Bukan Hanya Harus Cerdas Dalam Menganalisis Setiap Persoalan Hukum Dan Terampil Dalam Memimpin Persidangan, Namun Juga Yang Terpenting Adalah, Harus Memiliki Integritas, Kedisiplinan Dan Sikap Moral Yang Baik.

      acara Pembukaan Ini Ditutup Dengan Foto Bersama Para Peserta Dengan Pimpinan Mahkamah Agung. (azh/rs/photo:yrz)

    • Mahkamah Agung Rayakan Idulfitri 1445 Dengan Halalbihalal

      jakarta-humas: Mengawali Hari Setelah Libur Hari Raya Idulfitri 1445 H, Mahkamah Agung Merayakan Hari Raya Idulfitri Bersama Dengan Menyelenggarakan Halalbihalal Di Balairung Mahkamah Agung Pada Selasa, 16 April 2024 Di Balairung Mahkamah Agung. Acara Yang Bernuansa Kekeluargaan Ini Diikuti Oleh Seluruh Pimpinan Mahkamah Agung, Hakim Agung, Hakim Ad Hoc, Para Pejabat Eselon 1-4, Para Hakim Yustisial, Para Pejabat Fungsional Dan Seluruh Staf Mahkamah Agung.

      turut Hadir Pada Acara Ini Ketua Mahkamah Agung Periode 2001-2008 Prof. Dr. Bagir Manan, S.h., M.cl., Ketua Mahkamah Agung Periode 2009-2012 Dr. Harifin A. Tumpa, S.h., M.h., Ketua Mahkamah Agung Periode 2012-2020 Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.h., M.h., Serta Mantan Ketua Kamar Mahkamah Agung Dan Yang Lainnya.

      kegiatan Ini Bertujuan Untuk Menguatkan Ikatan Sillaturrahim Keluarga Besar Mahkamah Agung Dan Saling Bermaaf-maafan. Selain Itu Acara Ini Juga Untuk Mewujudkan Hubungan Yang Lebih Baik, Sehingga Dapat Meningkatkan Semangat Dan Spirit Kerja Seluruh Jajaran Untuk Menciptakan Badan Peradilan Yang Agung.

      dalam Kesempatan Tersebut, Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h. Mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H Kepada Seluruh Pegawai Mahkamah Agung Dan Para Tamu Undangan Yang Hadir. Pada Kesempatan Tersebut Pula Para Pejabat Dan Seluruh Pegawai Mahkamah Agung Yang Hadir Secara Bergiliran Bersalaman Dengan Jajaran Pimpinan Mahkamah Agung, Hakim Agung, Hakim Ad Hoc, Para Pejabat Eselon I Dan Tamu Undangan. (azh/rs/photo:alf)

    • Resmikan Inovasi Pt Dki Jakarta, Ketua Ma Ajak Aparatur Peradilan Kerja Ikhlas

      jakarta-humas: Untuk Meningkatkan Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Dalam Rangka Mewujudkan Pelayanan Yang Prima Terhadap Pencari Keadilan Di Wilayah Dki Jakarta, Ketua Pengadilan Tinggi (pt) Dki Jakarta Dr. Herri Swantoro, S.h., M.h. Memperbaiki Dan Menambah Sarana Dan Prasarana Di Pt Jakarta. Selain Itu Ia Bersama Jajarannya Juga Menciptakan Beberapa Inovasi Untuk Mendukung Kedisiplinan Pegawai Dalam Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat. Sebagai Bentuk Dukungan Pimpinan Tertinggi, Ketua Mahkamah Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h. Meresmikan Sarana Prasarana Dan Beberapa Inovasi Tersebut Pada Kamis, 28 Maret 2024 Di Pt Dki Jakarta.

      pada Kesempatan Yang Juga Dihadiri Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Pada Para Ketua Kamar Mahkamah Agung Tersebut, Ketua Mahkamah Agung Menyatakan Selamat Dan Bangga Kepada Jajaran Pimpinan Dan Aparatur Pt Dki Jakarta Yang Telah Merenovasi Pt Dki Jakarta Yang Menjadi Pusat Perhatian Indonesia Ini.

      guru Besar Universitas Diponegoro Mengatakan Bahwa Pt Dki Jakarta Menjadi Contoh Bagi Perngadilan Lain, Karena Ia Terletak Di Ibu Kota Negara. Ia Menyatakan Kebanggaannya Bahwa Pt Dki Telah Melakukan Hal-hal Yang Bisa Dicontoh Oleh Pengadilan Lain. Perbaikan Sarana Prasarana Serta Ditambah Dengan Ragam Inovasi Ini Menjadi Cara Yang Efektif Dan Efisien Untuk Memberikan Layanan Kepada Masyarakat.

      sebagai Informasi Bahwa Gedung Utama Pt Jakarta Ini Dibangun Pada Tahun 1980. Seiring Berjalannya Waktu, Gedung Ini Mengalami Kerusakan Kerangka Atap Dan Kerusakan Kerangka Atap, Dikarenakan Dari Kayu Yang Sudah Termakan Rayap Menyebabkan Kebocoran Saat Terjadi Hujan. Kondisi Ini Membuat Pt Jakarta Tidak Bisa Maksimal Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat.

      berikut Adalah Beberapa Inovasi Pt Jakarta Yang Diresmikan Ketua Mahkamah Agung Pada Hari Ini:

      a. Sipitung (sistem Informasi Pelayanan Terintegrasi Hukum Dan Pengadilan). Aplikasi Ini Bertujuan Sebagai Sarana Untuk Permohonan Informasi Dan Pengaduan Terhadap Mutu Pelayanan Dan Perilaku Aparatur Pengadilan Tinggi Jakarta

      b. Simanja (sistem Informasi Monitoring Capaian Kinerja) Merupakan Aplikasi Monitoring Capaian Kinerja Berdasarkan Indikator Kinerja Utama (iku) Terintegrasi Dengan Sipp Secara Real Time Dan Akuntabel

      c. Diladang (digital Layanan Persidangan) Merupakan Inovasi Layanan Pt Jakarta Untuk Peningkatan Layanan Keterbukaan Informasi Dalam Hal Ini Untuk Memberikan Kepastian Hukum Dalam Hal Persidangan Pengucapan Putusan Dan Putusan Perkara Dalam Hal Amar Singkat. Digital Layanan Persidangan Mengemukakan Layanan Persidangan Di Pt Jakarta Dan Informasi Putusan Yang Dipublish Setelah Selesai Persidangan.

      d. Dipandu (digital Pelayanan Terpadu). Inovasi Ini Memberikan Kemudahan Dan Kecepatan Akses Informasi/layanan Untuk Stakeholder Di Pinggir Jalan Tanpa Harus Masuk Dan Antri Di Lingkungan Kantor.

      dalam Sambutannya, Ketua Mahkamah Agung Mengajak Seluruh Aparatur Pt Jakarta Yang Hadir Dalam Acara Tersebut Untuk Turut Aktif Mengambil Peran Dalam Mendukung Kemajuan Peradilan Di Indonesia. Ia Mengatakan Kinerja, Sarana Dan Prasarananya Yang Sudah Baik, Ditambah Beragam Inovasi Ini Harus Menambah Semangat Para Aparatur Dalam Bekerja.

      semua Ini, Menurutnya, Harus Menjadi Bukti Keseriusan Masing-masing Individu Dalam Kerja Ikhlas Dan Hati Bersih Bukan Karena Takut Pada Pimpinan Atau Yang Lain, Namun Karena Mengharap Pahala Dari Tuhan Yang Maha Esa.

      sarana Prasarana Yang Sudah Baik Ini Jangan Sampai Bikin Kendor Dalam Bekerja. Kita Semua Harus Semangat Dan Ikhlas Dalam Bekerja, Bukan Karena Takut Pada Pimpinan Tegas Ketua Mahkamah Agung.

      pada Kesempatan Yang Sama Ketua Mahkamah Agung Dan Jajaran Pimpinan Berkesempatan Melakukan Dialog Secara Virtual Dengan Seluruh Aparatur Peradilan Di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Pengadilan Jakarta Utara, Dan Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Selain Berdialog, Ketua Mahkamah Agung Juga Berkesempatan Bercengkerama Dengan Para Pencari Keadilan Yang Sedang Berada Di Pengadilan Tersebut. (azh/rs/photo:alf&adr)

    • Sambut Idul Fitri 1445 H, Dharmayukti Karini Mahkamah Agung Bagi Sembako Murah

      jakarta " Humas : Rasulullah Saw Pernah Bersabda Sebagaimana Diriwayatkan Oleh At-tirmidzi Yang Berbunyi: Sedekah Itu Dapat Menghapus Dosa Sebagaimana Air Memadamkan Api. Hadits Tersebut Menggambarkan Bahwa Betapa Besarnya Keutamaan Dari Sedekah Yang Kita Keluarkan, Terlebih Jika Itu Dilakukan Pada Bulan Suci Ramadhan, Karena Bulan Ramadhan, Selain Disebut Sebagai Syahrul Mubarok Atau Bulan Yang Penuh Dengan Keberkahan, Juga Disebut Sebagai Syahrul Maghfiroh Atau Bulan Yang Penuh Dengan Pengampunan.

      demikian Yang Disampaikan Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h. Dalam Acara Penyerahan Bantuan Sembako Murah Dharmayukti Karini Mahkamah Agung Pada Selasa, 26 Maret 2024 Di Balairung Mahkamah Agung, Jakarta.

      menurutnya, Momentum Ramadhan Ini Harus Kita Manfaatkan Dengan Sebaik-baiknya Untuk Bisa Mendulang Sebanyak-banyaknya Pahala Dengan Beribadah, Baik Ibadah Yang Sifatnya Wajib Maupun Yang Sunah.

      sudah Menjadi Tradisi Di Setiap Pertengahan Bulan Suci Ramadhan, Dharmayukti Karini Mahkamah Agung Selalu Mengadakan Pembagian Sembako Murah Di Lingkungan Mahkamah Agung.

      pemberian Sembako Murah Ini, Selain Dapat Membantu Meringankan Saudara-saudara Kita Yang Membutuhkan Juga Dapat Menjadi Ladang Pahala Serta Menyempurnakan Ibadah Puasa Yang Kita Jalani Di Bulan Suci Ramadhan Ini, Ujar Kma.

      pada Kesempatan Yang Sama, Ketua Dharmayukti Karini Mahkamah Agung Ri (mari), Ibu Sri Anggarwati Sunarto Dalam Sambutannya Mengatakan Kegiatan Ini Terlaksana Berkat Kerja Sama Dan Partisipasi Dari Banyak Pihak. Kami Mengucapkan Terima Kasih Kepada Panitia Dan Semua Yang Telah Berkontribusi, Sehingga Pelaksanaan Bantuan Paket Sembako Murah Bisa Terlaksana, Ungkapnya.

      sementara Itu Ketua Panitia, Ibu Nelfa Yulius Dalam Laporannya Menyampaikan, Kegiatan Sosial Bantuan Sembako Murah Ini Diperuntukkan Bagi Pegawai Gol. I Dan Gol Ii Di 7 Satker Lingkungan Mahkamah Agung, Cleaning Service, Security, Dan Teknisi Di Lingkungan Mahkamah Agung.

      selain Paket Sembako, Dyk Ma-ri Juga Melaksanakan Kegiatan Sosial Berupa Anjangsana Ke Panti Sosial Wisma Tuna Ganda-palsi Gunung Cimanggis Depok, Serta Memberikan Bantuan Ke Empat (4) Yayasan Panti Asuhan Yatim Dan Dhuafa.

      di Akhir Sambutannya, Ketua Ma Mengucapkan Terima Kasih Kepada Para Pimpinan Mahkamah Agung, Para Hakim Agung, Panitera Dan Sekretaris Mahkamah Agung, Para Pejabat Eselon I Dan Ii, Serta Semua Pihak Yang Telah Menyisihkan Sebagian Rejekinya Untuk Membantu Saudara-saudara Kita Di Mahkamah Agung Dalam Mendapatkan Sembako Murah Menjelang Hari Raya Idul Fitri. Sehingga Kebahagiaan Yang Kita Rasakan Juga Akan Dirasakan Oleh Seluruh Tenaga Honorer, Office Boy, Security, Dan Tenaga Teknisi Di Lingkungan Mahkamah Agung

      turut Hadir Pada Acara Tersebut, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Para Ketua Kamar Pada Mahkamah Agung, Para Pejabat Eselon I Di Lingkungan Mahkamah Agung, Serta Ketua Umum Dharmayukti Karini Beserta Jajarannya. (enk/pn/photo:alf,sno)

    • Inilah 10 Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Berbasis Putusan Mahkamah Agung

      jakarta-humas: Dalam Rangka Memastikan Konsistensi Putusan Hakim Dalam Perkara Komersial, Mahkamah Agung Republik Indonesia Menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Hukum Berbasis Putusan Mahkamah Agung (lokalima). Lomba Yang Terbuka Untuk Umum Ini Bertema Mempromosikan Daya Saing Nasional Dan Kemudahan Berusaha Melalui Konsistensi Putusan Perkara Komersial. Kegiatan Ini Merupakan Kerja Sama Mahkamah Agung Dengan Fakultas Hukum Universitas Al-azhar Indonesia Dan Aipj 2 (australisa-indonesia Partnership For Justice 2). Lomba Yang Diselenggarakan Sejak Juni 2023 Ini Telah Mendapatkan 10 Tulisan Terpilih Terbaik.

      10 Penulis Tersebut Hadir Secara Langsung Menerima Penghargaan Dan Hadiah Pada Acara Seminar Dan Awarding Lomba Karya Tulis Ilmiah Berbasis Putusan Pada Kamis 21 Maret 2024 Di Auditorium Universitas Al-azhar Indonesia.

      ketua Kamar Perdata Mahkamah Agung I Gusti Agung Sumanatha, S.h., M.h., Hadir Dan Memberikan Pidato Kunci Pada Acara Yang Dihadiri Oleh Ratusan Tamu Undangan Itu. Ia Memberikan Apresiasi Yang Tinggi Kepada Para Pemenang Yang Telah Memberikan Kerja Terbaiknya Dalam Mengikuti Lomba Ini.

      mahkamah Agung Menyampaikan Apresiasi Setinggi-tingginya Kepada Para Peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah Berbasis Putusan (lokalima). Khususnya Kepada Pemenang 5 Besar Pada Masing-masing Kategori Yang Telah Mengikuti Seleksi Akhir, Yang Telah Menyumbangkan Tenaga Dan Pikirannya Dalam Melakukan Analisis Dan Menghasilkan Karya Tulis Ilmiah Berkualitas, Katanya.

      selain Itu, Agung Juga Menyampaikan Terima Kasih Dan Apresiasi Terbaik Kepada Semua Pihak Yang Telah Berperan Baik Dalam Penyelenggaraan Kegiatan Lokalima, Dalam Hal Ini Kepada Universitas Al-azhar Indonesia. Secara Khusus Kepada Seluruh Personel Tim Dari Fakultas Hukum Serta Anggota Kelompok Kerja Dari Internal Mahkamah Agung.

      ia Juga Menyampaikan Terima Kasih Dan Apresiasi Kepada Program Australia-indonesia Partnership For Justice 2 (aipj2) Dan Department Of Foreign Affairs And Trade Australia Yang Secara Berkelanjutan Memberikan Dukungan Kepada Program-program Pembaruan Peradilan Mahkamah Agung Ri.

      dalam Kesempatan Yang Sama, Akhmad Safik, S.e., M.h., Ll.m. Selaku Ketua Panitia Dalam Laporannya Menyatakan Lokalima Yang Dimulai Sejak Awal Juni 2023 Lalu Telah Selesai Dengan Hasil Yang Sangat Baik.

      ia Melaporkan Bahwa Lokalima Ini Mendapat Sambutan Yang Sangat Baik Dari Publik Hukum Indonesia. Antusiasme Mereka Sangat Tinggi, Hal Ini Terlihat Dari Jumlah Pendaftar Yang Mencapai 371 Pendaftar Dari Papua Hingga Aceh.

      dari 371 Pendaftar Tersebut Yang Serius Mengirimkan Tulisan Yaitu 71 Pendaftar. Setelah Disaring Dari 71 Tulisan Tersebut Yang Sesuai Dengan Substansi Lokalima Ada 31 Paper.

      dari 31 Tulisan Tersebut, Kemudian Disaring Kembali Hingga Terpilihlah 10 Tulisan Terpilih Terbaik. Mereka Terdiri Atas 5 Kategori Mahasiswa Dan 5 Kategori Umum.

      10 Tulisan Tersebut Membahas Seputar Kemudahan Berusaha Melalui Konsistensi Putusan Perkara Komersial, Di Antaranya Yaitu:

      Hak Kekayaan Intelektual Kepailitan Dan Penundaan Pembayaran Investasi Perusahaan Hukum Persaingan Perlindungan Konsumen Pembiayaan Dan Jaminan Arbitrase Ekonomi Syariah

      sebagai Informasi, Kegiatan Lokalima Bertujuan Untuk Mengenalkan Dan Mempromosikan Penggunaan Basis Data Putusan (https://putusan.mahkamahagung.go.id) Kepada Mahasiswa Hukum Dan Masyarakat Umum.

      selain Itu, Kegiatan Ini Juga Bertujuan Untuk Mengembangkan Iklim Akademis Yang Inovatif Dan Kondusif Untuk Meningkatkan Kontribusi Komunitas Dan Masyarakat Hukum Dalam Rangka Mempromosikan Kemudahan Berusaha Melalui Konsistensi Putusan Perkara Komersial Dalam Bentuk Karya Tulis Yang Komprehensif Dengan Mengikuti Kaidah Ilmiah Baik Secara Tertulis Maupun Lisan. Lomba Lokalima Juga Bertujuan Untuk Mendorong Penguatan Karya Tulis Ilmiah Hukum Dengan Metode Analisis Putusan Sebagai Salah Satu Instrumen Pendukung Konsistensi Putusan, Khususnya Di Bidang Perkara Hukum Ekonomi Dan Niaga Demi Terciptanya Konsistensi Putusan Pengadilan, Khususnya Dalam Perkarakomersial.

      hadir Dalam Kegiatan Ini Perwakilan Rektor Universitas Al-azhar Indonesia, Hakim Agung Syamsul Marif, Kepala Badan Strategi Kebijakan Dan Pendidikan Dan Pelatihan Hukum Dan Peradilan Bambang Mulyono, Mr. Craig Dari Aipj 2, Aparatur Peradilan, Hakim, Dosen, Mahasiswa, Dan Lainnya.

      berikut Adalah 10 Nama Pemenang Lokalima Yang Terbagi Dengan Kategori Umum Dan Kategori Mahasiswa:

      untuk Kategori Umum:

      juara 1 Shinfani Kartika Wardhani Dengan Judul Kepastian Hukum Penegakan Sengketa Merek Sebagai Perwujudan Perlindungan Hukum

      juara 2 Almaududi Dengan Judul Politik Perusahaan Keluarga: Tantang Dalam Putusan Pengadilan

      juara 3 Denis Kurniawan Dengan Judul Perlindungan Pemegang Lisensi Siaran Pertandingan Sepak Bola Dalam Refleksi Budaya Hukum

      harapan 1 Rita Komalasari Dengan Judul Daya Saing Nasional Dan Peran Konsistensi Putusan Perkara Komersial Indonesia

      harapan 2 Ramadhan Sidik Pane Dengan Judul Konsistensi Penegakkan Hukum Persaingan Usaha -kasus Di Indonesia

      untuk Kategori Mahasiswa:

      juara 1 (kelompok) Farhan Rahmat Syah, Raissa Sundari, Dan Sindy Alifa Saputri Dari Universitas Syiah Kuala Dengan Judul Analisis Inkonsistensi Putusan Hakim Terkait Bukti Kesamaan Ip Adress Pada Perkara Persekongkolan Tender

      juara 2 Grace Patricia Hasian Dari Universitas Indonesia Dengan Judul Peran Penting Kepastian Hukum Perlindungan Merek Terkenal Di Indonesia Bagi Pertumbuhan Iklim Bisnis Dan Investasi

      juara 3 (kelompok) Andhiny Ayudya Pramesti Dan Tanti Mitasari Dari Universitas Gadjah Mada Dengan Judul Problematika Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (pkpu) Tinjauan Permohonan Oleh Pemegang Polis Terhadap Perusahaan Asuransi

      harapan 1 Reyhana Nabila Ismail Dari Univeritas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Dengan Judul Optimalisasi The Right To Be Informed Dalam Kasus Pre-project Selling Melalui Konsistensi Putusan Pengadilan

      harapan 2 (kelompok) Tika Widyaningsih Dan Melinda Dari Universitas Mulawarman Dengan Judul Rekonstruksi Upaya Keberatan Di Pengadilan Niaga Terhadap Putusan Komisi Pengawas.

      selamat Kepada Semua Pemenang, Semoga Karyanya Bisa Memberikan Andil Dalam Mewujdukan Cita-cita Bersama Menuju Badan Peradilan Indonesia Yang Agung. (azh/rs/photo:alf & Sno))