logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Arga Makmur

Jl. Jenderal Sudirman No. 226 Arga Makmur, Kab. Bengkulu Utara, Prov. Bengkulu

ELMARI

eRaTeRang

JDIH Pengadilan Negeri Arga Makmur

KomDaNas

PTSP Virtual

SiKep

SiMARI

SIPP Pengadilan

SiWas

Berita Mahkamah Agung

Berita Mahkamah Agung
  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Ketua Mahkamah Agung Menerima Kunjungan Kehormatan Federal Court Of Australia

      jakarta " Humas : Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h Menerima Kunjungan Kehormatan Dari Delegasi Federal Court Of Australia (fca) Yang Dipimpin Oleh Justice Berna Collier Sebagai Kepala Delegasi, Didampingi Oleh Justice Stephen Burley, Justice Robert Bromwich Dan Principal Registrar Sia Lagos.

      kunjungan Ini Merupakan Bagian Awal Dari Rangkaian Kunjungan Kerja Delegasi Fca Selama 5 Hari Di Indonesia Dalam Rangka Penanda Tanganan Nota Kesepahaman Kerjasama Yudisial Antara Mahkamah Agung Ri-federal Court Australia Dan Family Court Federal Circuit Of Australia Yang Akan Dilakukan Pada 25 Juni 2024.

      penandatanganan Nota Kesepahaman Ini Spesial, Karena Bertepatan Dengan Tahun Ke 20 Sejak Nota Kesepahaman Ini Ditanda Tangani Pertama Kali Oleh Ketua Mahkamah Agung Ri Prof. Dr. Bagir Manan Sh., Mcl Dan Justice Michael Black Pada Tahun 2004.

      selama Kunjungan Kerja Di Jakarta Delegasi Fca Akan Berpartisipasi Dalam Acara Seminar Internasional 20 Tahun Uu Nomor 37 Tahun 2004 Tentang Kepailitan & Pkpu Yang Akan Diadakan Di Pn Jakarta Pusat, Mengadakan Dialog Dengan Organisasi Hakim Perempuan Indonesia, Memberikan Kuliah Pada Calon Hakim Di Pusdiklat Ciawi, Serta Mengunjungi Pengadilan Negeri Bandung Untuk Membicarakan Mediasi, Serta Berpartisipasi Dalam Seminar Hukum Perlindungan Konsumen Di Universitas Padjadjaran.

      turut Hadir Dalam Pertemuan Ini, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Para Ketua Kamar Pada Mahkamah Agung, Panitera Mahkamah Agung Serta Sekretaris Mahkamah Agung. (humas)

    • 400 Mahasiswa Hukum Padang Mengikuti Acara Ma Goes To Campus

      padang-humas: Sebanyak Kurang Lebih Empat Ratus Mahasiswa Ilmu Hukum Kota Padang Mengikuti Acara Mahkamah Agung (ma) Goes To Campus Pada Jumat Pagi, 21 Juni 2024 Di Aula Fakultas Hukum Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat. Ratusan Mahasiswa Tersebut Berasal Dari Enam Universitas, Yaitu Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol, Universitas Bung Hatta, Universitas Taman Siswa, Dan Universitas Ekasakti.

      ma Goes To Campus Kali Ini Mengambil Tema Profesi Hakim Di Kalangan Gen Z. Kegiatan Ini Merupakan Media Yang Digunakan Oleh Biro Hukum Dan Humas Mahkamah Agung Untuk Memperkenalkan Mahkamah Agung, Tugas Fungsinya, Serta Profesi Hakim Yang Bisa Digeluti Oleh Para Mahasiswajurusan Hukum. Kegiatan Ini Juga Bertujuan Untuk Menarik Minatpara Mahasiswa Generasi Zuntuk Menjadi Hakim Dan Aparatur Peradilan Lainnya.pengetahuan Mengenai Hal Tersebut Disampaikan Oleh Para Narasumber Andal Yaitu Kepala Biro Hukum Dan Humas Mahkamah Agung Dr. Sobandi, S.h., M.h., Hakim Yustisial Biro Hukum Dan Humas Mahkamah Agung, Dr. Riki Perdana R. Waruwu, S.h., M.h Dan Lucia Ridayanti, S.h., M.h.

      dalam Sambutan Pembukaan, Sobandi Menyampaikan Tahun Ini Merupakan Tahun Keempat Biro Hukum Dan Humas Mahkamah Agung Menyelenggarakan Acara Ma Goes To Campus. Kegiatan Ini Diselenggarakan Untuk Memberikan Akses Seluas-luasnya Kepada Agent Of Change Untuk Mengelaborasi, Bertanya, Ataupun Berdiskusi Dengan Para Ahli Terkait Tugas Dan Fungsi Peradilan Di Indonesia Serta Seluk Beluk Menjadi Hakim Atau Pengadil Di Indonesia

      pada Setiap Penyelenggaraannya, Alhamdulillah, Kegiatan Ini Mendapatkan Antusias Yang Cukup Besar Dari Para Mahasiswa. Kami Berharap Kegiatan Ini Bisa Memberikan Manfaat Seluas-luasnya Bagi Para Peserta, Kata Sobandi.

      pada Kesempatan Yang Sama, Dekan Fakultas Hukum Universitas Andalas Dr. Ferdi, S.h., M.h Dalam Pidatonya Menyatakan Bahwa Ia Merasa Sangat Bangga Kampusnya Terpilih Menjadi Tuan Rumah Penyelenggaran Ma Goes To Campus. Baginya, Kegiatan Ini Bisa Menjadi Sumber Inspirasi Mahasiswanya Dan Mahasiswa Fakultas Hukum Padang Lainnya Dalam Berkarir Di Bidang Hukum Ke Depannya.

      biasanya Campus Goes To Ma, Tapi Kali Ini Ma Goes To Campus. Ini Merupakan Kesempatan Baik Yang Sangat Langka, Semoga Para Mahasiswa Yang Hadir Saat Ini Bisa Mendapatkan Insight Dan Terinspirasi Untuk Menjadi Aparatur Peradilan, Ucap Ferdi.

      kegiatan Yang Dilaksanakan Secara Hybrid Ini Dihadiri Pula Oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negri Padang Afriva Khaidir, S.h., M.hum, Mapa, Ph.d., Dekan Fakultas Syariah Uin Imam Bonjol Bapak Prof. Dr. Ikhwan, S Ag., S.h.,m.ag., Dekan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, Dr. Sanidjar Pebrihariati R, S.h., M.h., Dekan Fakultas Hukum Universitas Taman Siswa H. Mardius, S.h., M.h., Dekan Fakultas Hukum Universitas Ekasakti Dr. Fitriati. S.h., M.h., Plh Ketua Pengadilan Tinggi Padang Inrawaldi, S.h., M.h., Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Padang Dra. Hj. Rosliani, S.h., M.h., Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Padang Yarwan, S.h., M.h., Kepala Pengadilan Militer Padang Letkol Chk Abdul Halim, S.h., M.h., Wakil Dekan 1 Fakultas Hukum Universitas Andalas, Dr. Nani Mulyati, S.h., M.cl, Serta Para Panitera Dan Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding Dan Pertama Di Wilayah Sumatera Barat.

      tiga Pesan Kunci Kepala Biro Hukum Dan Humas Ma Untuk Mahasiswa Hukum Padang

      kepala Biro Hukum Dan Humas Dalam Kesempatan Tersebut Juga Menyampaikan Bahwa Mahkamah Agung Adalah Lembaga Yang Memiliki Komitmen Yang Kuat Dalam Memberikan Pelayanan Yang Baik Kepada Masyarakat Pencari Keadilan. Pelayanan Tersebut Hampir Di Semua Lini Kini Sudah Berubah Dari Manual Ke Digital. Hal Tersebut Bertujuan Untuk Memberikan Pelayanan Yang Cepat, Akuntabel, Dan Berbiaya Ringan.

      mahkamah Agung Selalu Mengikuti Perkembangan Teknologi Informasi Demi Bisa Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat Di Seluruh Indonesia, Kata Sobandi.

      menjawab Tantangan Artificial Intelligent (ai), Ia Menyampaikan Bahwa Mahkamah Agung Salah Satunya Menciptakan Smart Majelis, Aplikasi Robotika Berbasis Kecerdasan Buatan (artificial Intelligence) Untuk Memilih Majelis Hakim Secara Otomatis, Dengan Menggunakan Berbagai Faktor Antara Lain Pengalaman, Kompetensi Dan Beban Kerja Hakim, Mempertimbangkan Jenis Perkara Yang Akan Diadili Agar Para Hakim Yang Dipilih Memiliki Keahlian Yang Sesuai Dengan Perkara Yang Ditangani.

      untuk Itu, Ia Menyampaikan Tiga Pesan Kunci Kepada Generasi Z Yang Ingin Bergabung Ke Mahkamah Agung.

      pertama, Kuasai Teknologi Informasi. Menurut Sobandi, Kini Hampir Semua Pelayanan Di Mahkamah Agung Menggunakan Ti, Jika Tidak Bisa Menguasai Ilmu Tersebut Maka Akan Tergilas Oleh Yang Lain.

      mumpung Anak-anakku Sekalian Masih Dalam Masa Belajar, Gunakan Waktu Luang Yang Ada Dengan Banyak Mencari Tahu Dan Berlatih It, Ujarnya.

      kedua, Kuasai Bahasa, Minimal Bahasa Inggris. Karena Dengan Bahasa Banyak Sekali Kesempatan Yang Bisa Diraih, Misalnya Kesempatan Untuk Belajar Ke Luar Negeri, Mengikuti Kursus Pendek Di Luar Negeri, Yang Kebanyakan Itu Gratis. Maka, Gunakan Waktu Sekarang Ini Untuk Belajar Bahasa Dengan Baik.

      yang Ketiga, Dan Ini Yang Terpenting Menurutnya, Yaitu Tingkatkan Dan Jaga Terus Akhlak Atau Integritas. Karena, Ilmu Apapun Yang Dikuasai, Setinggi Apapun Pendidikan Atau Jabatan Yang Diraih, Tanpa Integritas Semua Itu Nihil, Tanpa Makna.

      pada Kegiatan Ini, Para Mahasiswa Yang Hadir Dengan Menggunakan Jas Almamaternya Masing-masing Tersebut Berlomba-lomba Memberikan Pertanyaan Dan Pernyataan Kepada Para Narasumber. Ruang Aula Menjadi Sangat Hidup Dengan Interaksi Yang Sangat Aktif Dari Para Mahasiswa Fakultas Hukum Padang. (azh/rs/photo:yrz)

    • Ketua Mahkamah Agung Ri Memberikan Pidato Kehormatan Pada Rapat Pleno Yudisial Federal Circuit And Family Court Of Australia Untuk Memperkuat Kerjasama Yusidial Bilateral

      newcastle 21 Juni 2024, Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Ri Prof. Dr. M Syarifuddin, Sh., Mh Pada 21 Juni 2024 Pagi Waktu Setempat Atas Undangan Chief Justice William Alstergren Memberikan Pidato Kehormatan Di Depan Forum Annual Judicial Plenary For Judges Of The Federal Circuit And Family Court Of Australia (fcfcoa) Yang Diselenggarakan Di Newcastle, Sydney. Acara Rapat Pleno Yudisial Ini Dihadiri Oleh Seluruh Hakim Fcfcoa Yang Berjumlah Sekitar 120 Orang Dan Merupakan Satu-satunya Kesempatan Dimana Seluruh Hakim Fcfcoa Berkumpul Di Satu Tempat Untuk Keperluan Pertemuan Yudisial Dan Pendidikan.

      kegiatan Ini Merupakan Salah Satu Agenda Dalam Rangka Rangkaian Kunjungan Kerja Delegasi Mahkamah Agung Ri Untuk Memperingati Ulang Tahun Tahun Kerjasama Yudisial Antara Mahkamah Agung Ri-federal Court Of Australia Dan Federal Circuit And Family Court Of Austalia Yang Pada Tahun Ini Memasuki Tahun Ke 20 Sejak Penandatanganan Pertama Kali Dilakukan Pada 18 Maret 2004 Di Sydney. Selain Memberikan Pidato Kehormatan, Maka Dalam Kesempatan Kunjungan Kerja Yang Berlangsung Antara 19-23 Juni 2024 Ini Delegasi Mari Juga Berkesempatan Melakukan Courtesy Call Dengan Chief Justice Of Australia Stephen Gageler Dan Chief Justice William Alstergren Dalam Rangka Penguatan Kerjasama Yudisial Antara Mari Dan Fcfcoa Dan Menghadiri Gala Dinner Annual Judicial Plenary Meeting.

      selain Itu Delegasi Mari Juga Berkesempatan Untuk Melakukan Rapat Kerja Dengan Federal Court Of Australia Di Sydney Untuk Membicarakan Perkembangan Kerjasama Yudisial Dan Penyiapan Agenda Penandatangan Kerjasama Yudisial Antara Mari-fca-fcfcoa Yang Akan Dilaksanakan Pada 25 Juni 2024 Di Jakarta.

      dalam Kesempatan Ini Ym Ketua Mari Didampingi Oleh Ym Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Bidang Yudisial Bapak Prof. Dr Sunarto, Sh., Mh., Ym Ketua Kamar Militer Bapak Burhan Dahlan,sh., Mh Ym Ym Hakim Agung Syamsul Maarif, Sh., Llm., Phd, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Bambang Myanto, Sh., Mh, Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Bapak Muchlis , Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer Dan Tun, Yuwono Agung Nugroho, Dan Aria Suyudi, Staf Khusus Ketua Ma. Selain Itu Hadir Pula Ketua Kamar Pengawasan Ym Dwiarso Budi Sanitiarto, Sh., Mh Dan Kepala Badan Strategi Kebijakan Dan Pendidikan Pelatihan Mari, Bambang Hery Mulyono, Sh., Mh Yang Juga Ikut Serta Pada Sebagian Agenda Rombongan.

      pentingnya Kerjasama Yudisial

      ym Ketua Mari Dalam Pidatonya Mengajukan Pertanyaan Penting Terkait Kerjasama Yudisial Bilateral, Yaitu Kenapa Peradilan Kedua Negara Mesti Bekerjasama Dan Kenapa Kerjasama Terus Berjalan Meskipun Sudah Lewat 20 Tahun Sejak Pertama Kali Ditanda Tangani? Bukankah Peradilan Adalah Urusan Domestik Yang Didominasi Kepentingan Internal?

      ym Ketua Mari Dalam Pembahasannya Menjelaskan, Bahwa Pengadilan Dimanapun Memiliki Kesamaan Kepentingan, Yang Menjadi Tulang Punggu Kerjasama Ini, Yaitu Memiliki Kebutuhan Untuk Mencari Cara Untuk Memberikan Akses Terhadap Keadilan Bagi Pencari Keadilan.

      dialog Delegasi Mari Dengan Para Hakim Fcfcoa

      menyitir Pernyataan Sekretaris Jenderal Pbb Dalam Laporan Our Common Agenda 2021 Ym Ketua Ma Menekankan, Bahwa Akses Terhadap Keadilan Terutama Bagi Kelompok Rentan, Telah Diakui Secara Global Sebagai Nilai Fundamental Yang Mendasari Demokrasi Berkualitas, Supremasi Hukum, Pertumbuhan Inklusif, Dan Kesetaraan. Namun Masih Banyak Tertinggal, Agenda Sustainable Development Goal 16.3 Menargetkan Untuk Mempromosikan Rule Of Law Dan Memberikan Akses Terhadap Keadilan Bagi Semua Pada 2030, Faktanya, Tidak Kurang 1.5 Milyar Orang Di Seluruh Dunia Masih Belum Memperoleh Layanan Terhadap Kebutuhan Administrasi, Perdata Dan Pidana Mereka. Menurutnya, Akses Terhadap Keadilan Adalah Issue Yang Relatif Relevan, Yang Merupakan Masalah Yang Dihadapi Oleh Hampir Semua Negara, Dan Merupakan Bahasa Universal Yang Dapat Menjadi Penyambung Dalam Rangka Dialog Lintas Negara Untuk Mengambil Manfaat Dari Apa Yang Terjadi Di Negara Lainnya.

      lebih Jauh, Ym Ketua Mari Memberikan Apresiasi Tinggi Bagi Fcfcoa Yang Telah Terlibat Banyak Dalam Berbagai Dialog Untuk Meningkatkan Peran Pengadilan Dalam Menjamin Akses Terhadap Keadilan-khususnya Bagi Perempuan Dan Anak Perempuan. Selama Ini Dialog Dengan Fcfcoa Sangat Penting Dalam Upaya Mari Untuk Meningkatkan Akses Terhadap Keadilan Melalui Pengembangan Dan Optimalisasi Data/informasi Pengadilan Serta Publikasi Produk-produk Pengetahuan Yang Sangat Bermanfaat Bagi Pengambilan Kebijakan, Baik Di Tingkat Pengadilan, Maupun Di Tingkat Perencanaan Nasional.

      beberapa Inisiatif Penting Yang Memperoleh Manfaat Melalui Dialog Dengan Fcfcoa Antara Lain Dalam Upaya Mahkamah Agung Memberikan Akses Bagi Masyarakat Yang Terhambat Karena Jarak. Mahkamah Agung Dalam Melayani Masyarakat Yang Belum Memiliki Identitas Hukum Seperti Akte Kelahiran Dan Akta Perkawinan Berinisiatif Untuk Menjangkau Masyarakat Terpencil Melalui Proses Pelayanan Terpadu Dan Sidang Keliling Guna Menjangkau Masyarakat Yang Kesulitan Dalam Mengakses Layanan Pengadilan Karena Jarak. Selama Sepuluh Tahun Terakhir Sudah Lebih Dari Setengah Juta Orang Memperoleh Layanan Ini.

      selain Itu Pendekatan Yang Kurang Lebih Sama Juga Dilakukan Ketika Mahkamah Agung Berinisiatif Untuk Megeradikasi Hambatan Akses Terhadap Keadilan Yang Disebabkan Oleh Hambatan Biaya Dan Pengetahuan. Melalui Upaya Sistematis Perencanaan Dan Pelaksanaan Program Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Kuantitas Layanan Publik Terkait Melalui Pemberian Bantuan Hukum Dan Pembebasan Biaya Perkara, Sudah Tercatat Tidak Kurang 200,000 Orang Menerima Pembebasan Biaya Perkara Dan Hampir 2 Juta Orang Memanfaatkan Jasa Posbakum Dalam Mengakses Layanan Hukum Dalam Sepuluh Tahun Terakhir.

      ym Ketua Mari Kemudian Berterima Kasih Kepada Cj Alstergren, Dan Mengatakan Bahwa Undangan Ini Adalah Salah Satu Bentuk Kehormatan Dan Kepercayaan Luar Biasa Dari Fcfcoa, Tidak Hanya Kepada Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Namun Juga Kepada Peradilan Indonesia Pada Umumnya.

      selain Ym Ketua Mari, Hadir Juga Pembicara Kehormatan Lain, Yaitu Chief Justice Of Australia Stephen Gageler, Yang Membicarakan Beberapa Topik Seperti Climate Change Dan Digital Transformation. Dalam Pidatonya Cj Gageler Menyatakan Bahwa Dewasa Ini Tren Litigasi Perubahan Iklim Makin Berkembang Di Mana-mana, Bahkan Australia Adalah Negara Dengan Litigasi Perubahan Iklim Tertinggi Per Kapita. Lalu Dalam Pidatonya Soal Digital Transformation, Cj Gageler Mengangkat Kehadiran Kecerdasan Buatan Sebagai Kesempatan, Sekaligus Tantangan Bagi Profesi Hakim,dimana Ke Depannya Bisa Jadi Hakim Akan Kehilangan Kemampuan Untuk Membuat Pertimbangan Hukum Dan Akan Tergantung Kepada Generative Ai.

      kunjungan Kerja Ke Federal Court Of Australia

      selain Itu Delegasi Juga Berkesempatan Untuk Melakukan Kunjungan Kerja Ke Federal Court Of Australi (fca), Dimana Delegasi Diterima Oleh Acting Chief Justice Berna Collier, Justice Brigitte Markovic , Justice Robert Bromwich, Justice Stephen Burley , Justice John Halley, Senior National Judicial Registrar Paul Farrell. Rapat Kerja Tersebut Membicarakan Perkembangan Kerjasama Yudisial Antara Kedua Pengadilan Dan Rencana Kunjungan Kerja Dan Penandatanganan Nota Kesepahaman Yang Rencananya Akan Dilakukan 25 Juni 2024 Di Jakarta.

      adapun Dari Mahkamah Agung Ri Hadir Delegasi Yang Dipimpin Oleh Ym Syamsul Maarif, Sh., Llm., Phd, Kepala Bsdk Mari Bambang Hery Mulyono, Sh. Mh, Dan Dr. Aria Suyudi, Sh., Llm.. Selain Itu Hadir Juga Delegasi Bsdk Mari Yang Terdiri Dari Ym Dwiarso Budi Santiarto Sh., Mh , Ym Dr Agus Subroto Sh Mh, Ym Johanes Priyana Sh Mh , Ni Wayan Wirawati, Ni Kadek Susiantiani, Harika Nova Yeri, Rosana (koordinator) Dan Prof. Dr. Agus Yudha Hernoko. (as)

    • Rayakan Iduladha 1445 H, Mahkamah Agung Kurban Puluhan Ekor Sapi

      jakarta-humas: Mahkamah Agung Merayakan Iduladha 1445 Dengan Melaksanakan Kurban 20 Ekor Sapi Dan 2 Ekor Kambing. Hewan Kurban Tersebut Berasal Dari Pimpinan Mahkamah Agung, Hakim Agung, Pejabat Eselon I Dan Ii Di Lingkungan Mahkamah Agung, Aparatur Peradilan Serta Bank Mitra.

      daging Kurban Tersebut Kemudian Diberikan Kepada Pegawai Mahkamah Agung Golongan I, Ii, Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (ppnpn), Yayasan Yatim Piatu , Security, Ofice Boy Dan Dhuafa Sekitar Kantor Mahkamah Agung.

      proses Pemotongan Dilakukan Di Rumah Potong Hewan Perumda Dharma Jaya, Jalan Raya Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, Pada Hari Selasa 18 Juni 2024.

      Sekretaris Mahkamah Agung Sugiyanto, S.h., M.hdalam Sambutannya Ketika Menyerahkan Secara Simbolis Hewan Kurban Kepada Rumah Potong Hewan, Mengatakan Bahwa Nabi Ibrahim As Bersedia Mengorbankan Anak Kandungnya Yang Bernama Ismail Sebagai Kepatuhan Terhadap Pemilik Alam Semesta Yaitu Allah Swt.

      hari Raya Idul Adha 1445 H Ini, Menurut Sugiyanto Mengajarkan Kepada Kita Untuk Lebih Mendekatkan Diri Kepada Allah Swt, Melalui Pelaksanaan Salat Dan Kurban.

      Turut Hadir Dalam Acara Penyerahan Terebut, Pejabat Eselon Iii Dan Iv Di Lingkungan Mahkamah Agung Dan Undangan Lainnya. (humas)

    • Delegasi Mahkamah Agung China Kunjungi Badan Diklat Mahkamah Agung Ri

      bogor-humas: Dalam Rangka Memperkuat Hubungan Bilateral Dan Kerjasama Antara Kedua Lembaga Yudisial, Delegasi Mahkamah Agung China Mengunjungi Badan Strategi Kebijakan Dan Pendidikan Dan Pelatihan Hukum Dan Peradilan (bsdk) Mahkamah Agung Republik Indonesia Pada Jumat, 15 Juni 2024. Kunjungan Ini Merupakan Agenda Lanjutan Setelah Sehari Sebelumnya, Rombongan Delegasi Bertemu Dengan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Dan Jajaran Pimpinan Di Kantor Mahkamah Agung, Jakarta.

      kedatangan Delegasi Mahkamah Agung China Disambut Langsung Oleh Kepala Bsdk Bambang H. Mulyono. Selain Berkeliling, Kegiatan Juga Diisi Dengan Acara Penanaman Pohon Duku Di Halaman Bsdk Mahkamah Agung Ri. Penanaman Pohon Ini Melambangkan Semangat Kerja Sama Dan Persahabatan Yang Berkelanjutan Antara Kedua Negara. Acara Ini Dihadiri Oleh Ketua Kamar Perdata Mahakamh Agung I Gusti Agung Sumanatha, Para Pejabat Eselon 2 Bsdk, Para Delegasi Mahkamah Agung China, Dan Lainnya.

      setelah Penanaman Pohon, Delegasi Dari China Memberikan Seminar Umum Yang Membahas Topik "intellectual Property Rights In China". Seminar Ini Bertujuan Untuk Berbagi Pengetahuan Dan Pengalaman Mengenai Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Di China, Serta Tantangan Dan Solusi Yang Dihadapi Dalam Implementasinya.

      usai Seminar, Rombongan Delegasi Melanjutkan Kunjungan Mereka Ke Pengadilan Negeri Bogor. Di Sana, Mereka Disambut Oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Dan Melakukan Diskusi Mengenai Sistem Peradilan Dan Praktik Pengadilan Di Kedua Negara. Kunjungan Ini Memberikan Kesempatan Bagi Kedua Belah Pihak Untuk Saling Bertukar Pandangan Dan Memperkuat Kerjasama Dalam Bidang Hukum Dan Peradilan.

      kunjungan Delegasi Mahkamah Agung China Ini Diharapkan Dapat Semakin Mempererat Hubungan Baik Antara Mahkamah Agung Indonesia Dan Mahkamah Agung China, Serta Meningkatkan Kolaborasi Dalam Berbagai Aspek Hukum Dan Peradilan Di Masa Depan. (azh/rs/photo:yrz)